Minggu, 09 Desember 2012

Mengenal 4 Jenis Rumput Laut Kaya Gizi


Bosan dengan sayuran hijau yang tumbuh di daratan? Saatnya mencicipi sayuran laut dengan citarasa gurih dan tentunya kaya gizi. Selama ini Anda mungkin lebih sering mengonsumsi sayuran laut dalam sajian sushi, yaitu nori.

Sebenarnya, ada ragam tumbuhan lain yang rasanya tak kalah nikmat dengan nori. Nutrisinya sangat tinggi dan bisa dijadikan cemilan. Penelitian 2010 juga membuktikan, mengonsumsi  ganggang dapat mengurangi tingkat kami penyerapan lemak hingga 75 persen.

Hal tersebut berkat efek penghambatan pada enzim pencernaan yang disebut lipase. Jadi, sangat pas bagi Anda yang ingin mengurangi lemak tubuh. Lalu, apa saja sayuran laut yang nikmat untuk konsumsi?

Wakame (undaria pinnatifida)
Gillian McKeith, PhD, penulis buku "You Are What You Eat Cookbook" menyebut kalau wakame adalah rumput laut teruntuk wanita. Itu karena, seperti dilansir dari Oprah.com, kandungan kalsium dan magnesiumnya sangat tinggi yang sangat baik untuk mencegah osteoporosis. Pigmen wakame, fucoxanthin, diketahui meningkatkan resistensi insulin yang bagus untuk kestabilan kadar gula darah.

Nori (porphyra species)
Di antara flora laut, nori adalah yang paling kaya kandungan proteinnya. Satu lembar memiliki serat sebanyak secangkir bayam mentah dan kandungan asam lemak omega tiga-nya, setara  secangkir avokad. Nori mengandung vitamin C , B12 dan senyawa taurin, yang membantu mengontrol kolesterol.

Kombu (laminaria japonica)
Kombu merupakan sumber yodium, yang diperlukan untuk memproduksi hormon tiroid mengontrol metabolisme. Kandungan fucoidan juga tinggi, ini adalah zat fitokimia yang bertindak sebagai antikoagulan, yaitu pembentukan gumpalan dalam pembuluh darah.

Arame (eisenia bicyclis)
Merupakan sumber potasium, jenis mineral yang sangat populer di kalangan atlet untuk mencegah kram otot. Penelitian telah menunjukkan bahwa arame memiliki sifat antivirus dan mencegah obesitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar