Sabtu, 08 Desember 2012

Tiga Hal Ini Bisa Pengaruhi Mimpi


Bangun pagi setelah mengalami mimpi buruk tentunya sangat menyebalkan. Apalagi, jika mimpi buruk tersebut masih segar di ingatan. Banyak hal yang bisa mempengaruhi mimpi dan selama ini mungkin tak Anda sadari.

"Ada beberapa hal yang kami ketahui bisa mempengaruhi mimpi dan memicu mimpi buruk," kata Deirdre Barrett, PhD, asisten profesor psikiatri di Harvard Medical School, dikutip dari Woman's Day.

Ketahui apa saja yang bisa berdampak pada mimpi. Siapa tahu, Anda bisa membuat siasat agar tak lagi mengalami mimpi buruk.

Aroma
Sebuah penelitian mengungkap kalau menghirup aroma bunga bisa memicu seseorang memiliki mimpi yang lebih positif. Sementara, aroma sulfur bisa menimbulkan mimpi buruk. Ada aroma tertentu yang bisa berdampak pada mimpi yang akan dialami. Sebisa mungkin, buatlah kamar tidur beraroma segar dan menenangkan. "Mimpi adalah pelindung tidur, agar Anda tak mudah terbangun. Daripada melindungi tidur dari mimpi buruk bukankah lebih baik dengan mimpi indah," kata J. Catesby Ware, PhD, Chief of the Division of Sleep Medicine di Eastern Virginia Medical School.

Suara
Suara apapun yang ada di sekitar kamar tidur juga sangat mempengaruhi mimpi yang Anda alami. Mulai dari televisi, ponsel, atau mungkin jalan raya, bisa membuat Anda mengalami mimpi yang kurang menyenangkan. Menyetel musik lembut sebelum tidur sebaiknya Anda lakukan agar tidur lebih nyenyak dan mimpi indah. Atau, Barnett menyarankan untuk mendengarkan rekaman deburan ombak atau suara burung.

Makanan pedas
Apapun yang Anda makan bisa mempengaruhi mimpi. Sebaiknya jangan makan berat di dekat waktu tidur, terutama mengonsumsi makanan pedas. Hal ini bukan hanya bisa membuat Anda mengalami sakit perut tapi juga mimpi buruk. "Tidur akan lebih nyenyak saat pencernaan nyaman. Minimal, makan makanan berat dua jam sebelum tidur, dan hindari konsumsi makanan pedas jelang tidur," kaya Dr. Ware.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar