Kamis, 06 Desember 2012

Empat Sajian Prancis yang Menggelitik Dunia


Selain menjadi kiblat mode, Prancis juga dikenal sebagai kiblat kuliner dunia. Sentuhan apik di setiap sajian kerap menjadi sorotan publik. Begitu juga dengan urusan cita rasa, tak menggunakan terlalu banyak bumbu dan rempah membuat rasa hidangan menjadi ringan dan mudah diterima di lidah mana pun.

Namun, yang kerap menjadi perhatian dari kuliner Menara Eifel ini adalah sajian dessert-nya. Bahkan, kelezatannya tak hanya populer di negara asalnya, tapi juga penjuru dunia. Seperti Macarons misalnya, sajian manis ini sempat menjadi buruan pecinta kuliner di Jakarta. Penasaran dengan sajian manis Prancis lainnya? Berikut ini adalah 4 sajian penutup Prancis yang patut untuk dicoba, seperti yang dilansir All Woman Stalk.

Quick tarte tatin
Ini adalah sajian penutup klasik khas Prancis. Sekilas penampilannya tak jauh berbeda dengan pie apel. Hanya saja, sajian manis ini menggunakan campuran karamel, serta proses pembuatannya pun menggunakan wajan sehingga lebih prkatis dan tak makan waktu yang lama.

Cream puffs with dark chocolate sauce
Ini adalah sajian populer yang digemari di Prancis. Jika Anda handal membuat kue sus, dijamin Anda dapat membuatnya di rumah. Adonan dasar dan cara membuatnya tak jauh berbeda dengan kue sus, sama-sama menggunakan telur, air dan mentega. Yang membuat makanan ini menjadi lezat adalah sentuhan lelehan cokelat di atasnya ketika disajikan.

Lemon souffles
Tekstur lembutnya membuat orang ketagihan. Hal ini dikarenakan dari putih telur yang digunakan sebagai adonan dasar. Taburan gula palem diatasnya membuat sajian ini nikmat. Apalagi dinikmati saat hangat bersama secangkir teh atau kopi.

Macarons
Rasa manis dan tekstur crispy, membuat sajian manis ini digemari di penjuru dunia. Apalagi di bagian tengahnya terdapat aneka jenis filling yang membuat orang penasaran, dan selalu ingin icip semua rasa. Di samping itu, warna cantiknya pun menjadi daya tarik bagi orang-orang disekelilingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar