Jumat, 07 Desember 2012

Kanker Buah Zakar Bisa Terdeteksi Sejak Bayi


Kanker adalah penyakit yang mematikan. Zat karsinogen pun disebut sebagai pemicu utama dari penyakit ini. Tapi, sebuah studi menjelaskan, risiko kanker yang terjadi juga dapat dideteksi saat bayi lahir.

Seperti halnya wanita yang rentan menderita kanker leher rahim, pria mungkin saja terkena risiko kanker alat kelamin. Kanker  ini disebabkan oleh sel-sel ganas di dalam testis atau buah zakar. Kondisi tersebut akan membuat ukuran alat kelamin membesar dan menyebabkan benjolan di dalam skrotum.

Kanker testis atau alat kelamin pada pria ini dapat dilihat saat bayi keluar dari rahim ibu. Ketika, bayi laki-laki lahir dengan alat kelamin yang tidak turun ke kantung skrotum, bisa tiga kali lebih mungkin bayi tersebut untuk terkena kanker testis.

Peningkatan risiko penyakit ini memang kerap dikaitkan dengan alat kelamin yang tidak turun pada tempatnya. Dalam dunia kedokteran, kondisi ini dinamakan dengan istilah kriptrokismus. Studi sebelumnya menunjukkan, 5 dari 10 persen pasien kanker testis, lahir dengan alat kelamin tidak turun.

Melansir My Health News Daily, janin laki-laki yang berkembang dalam rahim akan membentuk alat kelamin ke arah kantong skrotum, sebelum kelahiran. Namun dalam kondisi tertentu, alat kelamin ini bisa jadi tidak menunjukkan hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar