Jumat, 07 Desember 2012

Manekin Bionik Bisa Jadi 'Mata-mata' Fashion


Saat mencari busana di butik, sebagai pelanggan tentu Anda ingin mendapatkan yang terbaik dan paling pas. Jika biasanya Anda dilayani dengan pramuniaga, kini ada 'mata-mata' fashion, EyeSee.

Itu merupakan manekin bionik dengan software yang mampu mengenali wajah dan bisa langsung mengumpulkan data pelanggan. Mulai dari usia, gender hingga ras. Info-info tersebut nantinya akan digunakan butik untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan tentunya meningkatkan penjualan.

Saat pelanggan memasuki butik, seperti dikutip dari NY Daily, manekin tersebut akan membuat semacam gerakan pemindaian yang tak disadari. Terdapat semacam kamera mungil di dalam manekin untuk merekam data pelanggan.

"Cukup mengagumkan, ini bisa jadi senjata retailer untuk lebih mengerti konsumen," ungkap salah satu pelanggan.

Misalnya, ketika ada pelanggan dari Asia, pramuniaga yang dipersiapkan untuknya adalah yang bisa berbahasa China atau Jepang. Manekin ini dibuat oleh perusahaan keamanan yang berbasis di Italia, Almax. Meskipun belum diproduksi dalam jumlah besar, tapi manekin sudah digunakan di Amerika Serikat dan tiga negara di Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar