Minggu, 09 Desember 2012

Nostalgia Bisa Membuat Tubuh Lebih Hangat


Hujan di sore hari membuat tubuh kedinginan. Untuk membuatnya lebih hangat cobalah ingat kenangan-kenangan indah yang pernah Anda alami. Nostalgia rupanya memiliki fungsi lain, yaitu menghangatkan tubuh.

Hal tersebut merupakan hasil studi dari University of Southampton, Inggris. Nostalgia ternyata memberikan efek memperbaiki kondisi mental yang dapat mengusir sensasi dingin. Peneliti melakukan eksperimen dengan meminta responden untuk mencelupkan tangan ke dalam air dingin.

Responden lalu diharuskan mengingat sebuah kenangan yang indah dalam hidup mereka. Para responden mengatakan mereka merasa ruangan menjadi lebih hangat. Menurut peneliti, reaksi tersebut mungkin disebabkan oleh mekanisme evolusi pertahanan untuk melindungi tubuh sementara, setidaknya dari suhu dingin.

"Nostalgia yang dialami sering dialami hampir semua orang ternyata dapat menjaga kenyamanan psikologis," kata Dr. Tim Wildschut, dosen senior di University of Southampton, dikutip dari Telegraph.

Ia memberikan contoh, ketika nostalgia dimanfaatkan orang untuk melawan rasa kesepian. Hal tersebut seperti mempertahankan kenyamanan fisiologis.

"Nostalgia memiliki fungsi homeostatic, yang memungkinkan terjadinya simulasi mental seperti sedang bersama dengan orang terdekat, dalam hal ini membuat kita merasa lebih hangat atau dingin," katanya.

Dalam studi tersebut, responden berasal dari universitas di China dan Belanda. Mereka melalui serangkaian tes untuk dinilai apa yang dirasakan dan suhu tubuh ketika mengingat kenangan normal dan kenangan indah yang dapat membuat mereka bernostalgia.

Responden lalu  dimasukkan ke dalam salah satu dari tiga kamar yang memiliki suhu yang berbeda yaitu dingin (20 derajat celcius), nyaman (24 derajat celcius), dan panas (28 derajat celcius).

Kemudian, mereka ditanya apa yang mereka rasakan. Mereka yang bernostalgia ternyata merasa lebih nyaman berada dalam ruangan dingin daripada di dua kamar lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar